Lebaran, Garuda Siapkan 88 Penerbangan Ekstra

Kompas.com - 14/07/2013, 18:45 WIB
Ilustrasi kabin Garuda Indonesia KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi kabin Garuda Indonesia
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (GIAA) menyiapkan 15.354 kursi tambahan. Tambahan tersebut terbagi dalam 88 penerbangan ekstra di sejumlah rute domestik dan internasional selama periode H-7 hingga H+7 Lebaran.

VP Corporate Communications Garuda Indonesia Pujobroto, mengatakan, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang pada masa arus mudik dan balik lebaran 2013M/1434H, serta untuk memenuhi harapan para pengguna jasa akan ketersediaan tempat duduk.

Selain penerbangan ekstra, Garuda Indonesia juga akan mengoperasikan pesawat berbadan lebar, yaitu A330-300 berkapasitas 257 kursi dan A330-200 berkapasitas 222 kursi, pada rute-rute penerbangan tertentu, antara lain pada rute Jakarta-Denpasar (pp), untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada lebaran tahun ini.

Sebanyak 88 penerbangan ekstra tersebut akan dilaksanakan pada rute-rute domestik dari Jakarta menuju Yogyakarta, Padang, dan Denpasar, serta pada rute-rute internasional dari Jakarta menuju Singapura, Bangkok, Hongkong, dan Korea, maupun sebaliknya, dan dari Jepang (Narita, Haneda, dan Osaka) menuju Denpasar, maupun sebaliknya.

Dengan adanya penambahan kursi dari penerbangan ekstra dan pengoperasian pesawat berbadan lebar pada rute-rute ramai tersebut, maka jumlah ketersediaan kursi (seat availability) pesawat Garuda Indonesia selama periode H-7 hingga H+7 Lebaran akan mencapai 1.146.144 kursi, yang terdiri dari 881.927 kursi di rute domestik dan 264.217 kursi di rute internasional.

Ketersediaan kursi pesawat Garuda Indonesia pada 2013 ini meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut seiring dengan adanya peningkatan jumlah armada, pengembangan jaringan penerbangan, dan penambahan frekuensi di sejumlah rute-rute penerbangan.

Secara keseluruhan, peningkatan kapasitas Garuda Indonesia pada tahun ini mencapai 24.25 persen atau 223.703 kursi dibandingkan tahun 2012 yang sebanyak 922.441 kursi. Kapasitas di rute-rute penerbangan domestik meningkat sebesar 24,19 persen dari lebaran 2012 lalu sebanyak 710.151 kursi.

Sementara itu, kapasitas di rute penerbangan internasional meningkat 24.46 persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 212.290 kursi.

Sehubungan dengan pelaksanaan angkutan Lebaran tersebut, maka untuk kenyamanan dan keamanan para penumpang, Garuda Indonesia mengimbau penumpang untuk merencanakan perjalanan sedini mungkin.

Para penumpang juga diimbau untuk menggunakan fasililitas “City Check-in” di kantor-kantor penjualan Garuda Indonesia atau fasilitas “Web Check-in” untuk mengindari antrian panjang di konter check-in bandara.

 

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X