Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gita Wirjawan Salahkan Cuaca

Kompas.com - 15/07/2013, 11:06 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com -
Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan, harga-harga bahan pangan melambung tinggi akibat gagal panen di sejumlah komoditas. Dari cabai sampai bawang, Gita menilai produksi dibawah standar konsumsi masyarakat saat ini.

Alasan kegagalan panen pada tahun ini menurut Gita karena cuaca. Gita menjelaskan, saat ini telah terjadi musim kemarau basah yang menghancurkan produksi bahan pangan.

"Produksi dalam negeri turun gagal panen, (akibat) kemarau basah," ujar Gita Wirjawan, di penutupan Festival Jakarta Great Sale, Minggu (14/7/2013).

Gita pun menjelaskan ada beberapa kota penghasil bawang dan cabai mengalami kegagalan panen seperti Brebes sampai Pemalang. Gita mengaku pemerintah sulit mengantisipasi kenaikan harga akibat kegagalan panen yang disebabkan cuaca.

"Kita (Pemerintah) tidak anitispasi prakiraan cuaca, bahwa akan terjadi gagal panen, buktinya terjadi kemarau basah," jelas Gita.

Gita menambahkan untuk pasokan cabai baru mencapai 4000 ton. Sedangkan bawang putih baru mencapai 16 ribu ton. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com