Semester I-2013, Konsumsi Listrik Tumbuh 7,2 Persen

Kompas.com - 17/07/2013, 02:32 WIB
Ilustrasi KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHOIlustrasi
EditorPalupi Annisa Auliani

JAKARTA, KOMPAS.com — PT PLN (Persero) mencatat konsumsi listrik selama semester pertama 2013 tumbuh 7,2 persen dibandingkan periode sama 2012. Total pemakaian listrik pada semester ini mencapai 90,48 terrawatt hour (twh).

"Sementara konsumsi listrik semester pertama 2012 sebesar 84,43 twh, jadi tumbuh 7,2 persen," kata Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun dalam siaran pers, Selasa (16/7/2013).

Benny merinci, pelanggan dari industri tumbuh 8,3 persen dengan jumlah pelanggan bertambah 4,5 persen. Menurut dia, pertumbuhan penggunaan listrik dibanding pertambahan pengguna yang hampir dua kali lipat menunjukkan industri kembali menggeliat.

Sementara itu, pada semester pertama 2013 jumlah pelanggan rumah tangga tumbuh 8 persen dengan konsumsi meningkat 5,5 persen. "Perkembangan pelanggan rumah tangga ini posifif karena berarti ada perbaikan rasio elektrifikasi yang semakin cepat dengan konsumsi konsumtif yang terjaga," ujar Benny.

Khusus untuk pelanggan dari kalangan industri berskala besar seperti tekstil, pengolahan logam, elektronik, dan keramik, konsumsi listriknya meningkat lebih dari 8 persen. Sementara konsumsi listrik industri berskala sangat besar, seperti pabrik baja, semen, dan industri kimia, tercatat tumbuh lebih dari 10 persen. Pertumbuhan segmen ini sejalan dengan bertumbuhnya pasar konstruksi bangunan, ujarnya.

Di sisi lain, jumlah pelanggan segmen rumah tangga kecil berdaya 900 VA tumbuh tinggi 11,7 persen dan kelas menengah dengan daya 3.500-5.500 VA meningkat 11,3 persen. "Ini menunjukkan kedua segmen sudah menjadi pilihan bagi golongannya masing-masing," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X