Pedagang Menentang Operasi Pasar Daging oleh Bulog

Kompas.com - 17/07/2013, 14:29 WIB
Harga daging sapi di pasar tradisional dan pasar modern di Jakarta dan sekitarnya masih tinggi, Rp 95.00 - 100.000 per kilogram, seperti di Tangerang Selatan, Banten, Senin (6/5/2013). Sejumlah pedagang mengaku harga susah turun, bahkan kemungkinan naik menjelang puasa dan Lebaran.
KOMPAS/HERU SRI KUMOROHarga daging sapi di pasar tradisional dan pasar modern di Jakarta dan sekitarnya masih tinggi, Rp 95.00 - 100.000 per kilogram, seperti di Tangerang Selatan, Banten, Senin (6/5/2013). Sejumlah pedagang mengaku harga susah turun, bahkan kemungkinan naik menjelang puasa dan Lebaran.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com — Operasi pasar daging yang akan digelar Perum Bulog di Pasar Senen, Jakarta, belum berhasil dilakukan, Rabu (17/7/2013). Pedagang keberatan dengan rencana operasi pasar yang menjual daging di bawah harga jual oleh pedagang. Pedagang khawatir Bulog akan mengecer langsung ke konsumen.

Selain di Senen, operasi pasar rencananya juga akan dilakukan di Pasar Jatinegara dan Pasar Kramat Jati.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan, sampai saat ini, petugas dari Bulog masih koordinasi dan bernegosiasi agar bisa menjual daging impor dari Australia tersebut. Penolakan juga dilakukan karena pedagang masih memiliki stok yang banyak sehingga kalau dapat pasokan dari Bulog, mereka kewalahan menyimpan daging.

Sebelumnya penolakan juga dilakukan pedagang ayam saat operasi pasar daging ayam digelar beberapa waktu lalu.

Bulog menjual daging dalam dua harga, harga untuk pedagang dan konsumen. Sebagai contoh, harga daging shin shank untuk pedagang dijual Rp 67.000 per kilogram dan harga konsumen Rp 75.000. Adapun jenis topside dijual ke pedagang Rp 77.000 dan harga ke konsumen Rp 85.000 per kilogram.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X