Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bernanke Angkat Harga Emas Dunia

Kompas.com - 19/07/2013, 07:43 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik sedikit pada Kamis (18/7/2013) waktu setempat (Jumat pagi WIB), didorong pernyataan Ketua Federal Reserve AS Ben Bernanke dalam kesaksiannya kepada Kongres.

Bernanke kepada anggota parlemen mengatakan terlalu dini untuk membuat penilaian tentang apakah Fed akan memperlambat program pembelian obligasinya pada pertemuan September mendatang.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus naik 6,7 dollar AS, atau 0,52 persen, menetap di 1.284,2 dollar AS per ounce.

Bernanke juga mengatakan dalam kesaksian hari terakhirnya kepada Kongres, Kamis, bahwa keputusan untuk mempertimbangkan kembali pembelian asetnya akan bergantung sebagian pada apakah bank sentral melihat kenaikan di pasar tenaga kerja dan merasakan bahwa perbaikan sedang berlangsung.

Banyak investor melihat Bernanke sebagai enggan untuk menarik langkah-langkah stimulusnya dalam waktu dekat.

Namun demikian, data ekonomi yang dirilis Kamis, negatif untuk emas, karena membatasi pertumbuhannya. Departemen Tenaga Kerja AS pada Kamis melaporkan bahwa klaim awal pengangguran turun 24.000 menjadi 334.000 dalam pekan yang berakhir 13 Juli, tingkat terendah sejak awal Mei.

Sementara survei manufaktur Fed Philadelphia pada Juli naik menjadi 19,8 dari 12,5 pada Juni, menandai tingkat tertinggi sejak Maret 2011.

Harga emas telah kehilangan sekitar 24 persen sepanjang tahun ini sampai saat ini. Emas telah melaporkan keuntungan tahunan dalam 12 tahun terakhir.

Sementara untuk perak pengiriman September turun 3,1 sen, atau 0,16 persen, menjadi 19,389 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober naik 3,8 dollar AS, atau 0,27 persen, ditutup pada 1.414,8 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com