Jelang Lebaran, Permintaan Cat Naik 50 Persen

Kompas.com - 19/07/2013, 18:26 WIB
Jotun hawaacdn.comJotun
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti produk makanan dan minuman, permintaan cat tembok juga melonjak menjelang Lebaran. Penjualan cat diperkirakan meningkat 50 persen dari bulan biasa.

Husodo Hoe, Decorative Marketing & Dealer Development Manager PT Jotun Indonesia bilang, berdasarkan pengalaman, permintaan cat tembok mulai meningkat sejak dua bulan menjelang Lebaran, yakni bisa mencapai 50 persen.

Meski kondisi ekonomi sedikit bergejolak akibat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, Husodo masih optimistis permintaan cat tembok tahun ini bisa naik sekitar 50% seperti tahun sebelumnya.

Husodo bilang, kenaikan permintaan cat terjadi di pasar ritel. Sebaliknya, permintaan cat untuk skala proyek justru meredup. Untuk memenuhi lonjakan permintaan ini, Jotun Indonesia akan mendongkrak kapasitas produksinya hingga 50 persen. Namun demikian, Husodo enggan membeberkan berapa besar kapasitas produksi cat milik Jotun Indonesia.

Husodo hanya bilang, produksi cat Jotun Indonesia pernah mencapai 45 juta liter per tahun. "Pangsa pasar kami untuk cat dekoratif sekitar 10% dari pangsa pasar nasional. Ke depan, kami berharap pangsa pasar kami bisa meningkat hingga 30 persen," jelas Husodo, Kamis (18/7/2013).

Jotun terus memperbesar pangsa pasarnya di segmen cat dekoratif. Maklum saja, segmen ini mengkontribusi sekitar 50% dari total penjualan Jotun Indonesia. Sisanya berasal dari produk cat pelindung (protective) sebesar 30% dan cat untuk kapal (marine) sebesar 20 persen.

Untuk mendongkrak pangsa pasar, Husodo menuturkan, Jotun Indonesia meluncurkan dua produk baru, yaitu Jotashield yang tahan lebih lama dan Majestic yang memiliki keunggulan anti bakteri hingga 50 persen. Produk Majestic ini menyasar rumah sakit.

Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian Panggah Susanto membenarkan, permintaan cat tembok di tingkat ritel biasanya melonjak menjelang lebaran. "Kenaikan permintaan terutama di pedesaan," ujarnya.

Sedangkan di perkotaan, kata Panggah, kenaikan permintaan cat tembok justru tidak terlalu signifikan menjelang Lebaran. (Aceng Nursalim)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Kontan
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X