Kompas.com - 22/07/2013, 19:04 WIB
Didik (kiri foto) seorang pedagang daging sapi di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur. Pedagang daging sapi di sana kurang meminati daging sapi impor yang ditawarkan. Kompas.com/Robertus BelarminusDidik (kiri foto) seorang pedagang daging sapi di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur. Pedagang daging sapi di sana kurang meminati daging sapi impor yang ditawarkan.
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga rata-rata tiga jenis barang kebutuhan pokok tercatat naik di atas 20 persen  dari sebulan sebelumnya. Sementara itu, kenaikan harga daging sapi perlahan mulai mereda, kendati harga per kilo gram masih di atas Rp 90.000.

Badan Pusat Statistik (BPS) dalam rilis perkembangan harga bahan pangan pokok, Senin (22/7/2013) menyebutkan tiga bahan pokok yang naik signifikan adalah cabe rawit, bawang merah dan daging ayam ras.

Kenaikan tertinggi dicatat oleh cabe rawit, yaitu sebesar 74,11 persen menjadi Rp 48.264 per kg. Sementara itu, harga bawang merah tercatat naik 66,37 persen menjadi Rp 53.507 per kg, dan daging ayam ras dihargai Rp 34.887 per kg atau naik 20,87 persen dari sebulan sebelumnya.

Harga bawang merah dan cabe rawit juga naik paling tinggi jika dibandingkan dengan harga pada pekan ke-II bulan ini. Dua komoditas itu masing-masing mencatatkan kenaikan sebesar 18,77 persen dan 11,55 persen.

Di sisi lain, harga daging sapi mulai "tenang" , dengan mencatatkan kenaikan sebesar 4,19 persen dari sebulan sebelumnya. Adapun harga komoditas ini tercatat Rp 94.795 per kg.

Akan tetapi, BPS tidak menjelaskan penyebab meredanya kenaikan harga daging sapi. Beberapa waktu terakhir ini, pemerintah memang gencar menambah suplai daging sapi ke pasar untuk mengantisipasi lonjakan harga pada Ramadhan dan Lebaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.