Kompas.com - 22/07/2013, 20:16 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat, Japan Credit Rating Agency, Ltd. (JCR) mempertahankan peringkat investasi Indonesia (sovereign credit rating) pada BBB- dengan prospek stabil.

Dalam siaran persnya, JCR menyampaikan tiga faktor kunci yang mendukung keputusan afirmasi tersebut.

Pertama, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan dan didukung oleh permintaan domestik yang solid. Kedua, beban utang publik yang rendah sebagai hasil dari pengelolaan fiskal yang berhati-hati, dan ketiga, ketahanan terhadap guncangan eksternal.

“Afirmasi peringkat tersebut menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia relatif stabil ditengah perlambatan perekonomian global yang disertai ketidakpastian yang tinggi”, ujar Gubernur Bank Indonesia, Agus DW. Martowardojo dalam keterangan resminya, Senin (22/7/2013).

Menurutnya, momentum yang ada saat ini perlu dipertahankan melalui upaya yang terkoordinasi antara pemerintah dan Bank Indonesia. Dengan demikian, bisa terwujud perekonomian yang lebih sehat.

Secara lebih rinci, analis JCR menyatakan bahwa Indonesia akan tetap mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan kesinambungan fiskal pada tahun-tahun mendatang.

Di sisi lain, Indonesia perlu memperhatikan defisit transaksi berjalan yang dialami neraca pembayaran belakangan ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.