Omzet Waralaba di Semester I 2013, Lampaui 50 Persen Realisasi 2012

Kompas.com - 24/07/2013, 05:37 WIB
Pameran waralaba bertajuk Info Franchise & Business Concept Expo 2013 di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (1/3/2013). Pameran yang berlangsung hingga 3 Maret ini menawarkan bisnis waralaba dalam berbagai bidang usaha seperti bisnis ritel, pendidikan, dan otomotif. KOMPAS/HERU SRI KUMORO HERU SRI KUMOROPameran waralaba bertajuk Info Franchise & Business Concept Expo 2013 di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (1/3/2013). Pameran yang berlangsung hingga 3 Maret ini menawarkan bisnis waralaba dalam berbagai bidang usaha seperti bisnis ritel, pendidikan, dan otomotif. KOMPAS/HERU SRI KUMORO
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Omzet bisnis waralaba di Indonesia sepanjang semester pertama 2013, disebut telah melampaui 50 persen realisasi selama 2012. Sepanjang tahun lalu, omzet bisnis waralaba tercatat Rp 114 triliun.

"Pada semester I tahun ini omzet waralaba mencapai 50 persen dari realisasi tahun lalu. Hal ini melihat perkembangan usaha waralaba di Indonesia yang makin bertumbuh," kata Kepala Seksi Direktorat Bina Usaha Kementrian Perdagangan, Iqbal Sofwan, Selasa (23/7/2013). Dia mengatakan sebagian besar pendapatan itu berasal dari waralaba di bidang otomotif, pendidikan, kuliner dan agen wisata.

Iqbal mengatakan tantangan utama bisnis waralaba nasional adalah peningkatan daya saing, jejaring fisik maupun non-fisik, dan fasilitas layanan. "Ini juga ke depan untuk meningkatkan omzet," kata dia.

Selain meningkatkan kapasitas, lanjut Iqbal, peningkatan iklim usaha yang kondusif juga menjadi tantangan lain bagi bisnis ini. Salah satu strategi pemerintah atas masalah ini, sebut dia, adalah reformasi perpajakan dan birokrasi. Apalagi saat ini sudah semakin mendekati penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN, yang dijadwalkan mulai berlaku pada 2015.




25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X