Rupiah Melorot ke Level Paling Rendah Empat Tahun

Kompas.com - 25/07/2013, 10:08 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com —
Nilai tukar rupiah di pasar spot pagi hari ini, Kamis (25/7/2013), kian terpojok. Rupiah dalam perdagangan pagi melemah 0,07 persen menjadi Rp 10.270 per dollar Amerika Serikat (USD).

Kemarin (24/7/2013), nilai tukar rupiah ada di posisi Rp 10.263 per dollar AS, sedangkan nilai kurs tengah yang ditetapkan oleh Bank Indonesia berada di posisi Rp 10.262 per dollar AS.

Nilai tukar pagi hari ini merupakan rekor terendah lagi, atau terendah sejak empat tahun lalu atau sejak 8 September 2009. Pelemahan rupiah ini terus terjadi secara berturut-turut sejak 10 hari belakangan atau sejak Jumat (12/7/2013).

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) sendiri masih memandang pelemahan rupiah terhadap dollar AS masih sesuai dengan kondisi fundamental dalam negeri.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, penguatan dollar AS ini dipengaruhi oleh tingginya permintaan valas oleh nasabah korporasi atau ritel, termasuk untuk membayar repatriasi dividen dan hasil investasi.

Agus pun meminta masyarakat dan pelaku pasar tetap tenang sambil menekankan bahwa Bank Indonesia akan tetap melakukan pemantauan secara cermat dan menjaga stabilitas nilai tukar rupiah sesuai kondisi fundamental perekonomian. (Asnil Bambani Amri)



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X