MAINE, KOMPAS
- PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya PT Pertamina Lubricants menjadikan Amerika Serikat sebagai pasar untuk produk minyak pelumasnya, Fastron. Penjajakan pembukaan pasar di Amerika Serikat itu dilakukan, antara lain, dengan mengirimkan tim reli FastronWorld Rally Team dengan pereli Rifat Helmy Sungkar.

Wartawan Kompas,Tri Agung Kristanto, melaporkan, sejak Senin (22/7/2013), tim Pertamina Lubricants yang akan menjajaki pasar AS sudah berada di AS untuk membuka berbagai kemungkinan pemasaran.

Selain mengirimkan Fastron World Rally Team yang mengikuti lima dari tujuh seri American Rally 2013 sejak Mei lalu, tim PT Pertamina Lubricants juga mengupayakan pertemuan dengan berbagai kalangan di AS, terutama untuk mengetahui minat mereka terhadap pelumas produksi Indonesia. Pelumas yang akan diekspor ke AS adalah merek Fastron.

”Kami sedang mengupayakan ada agen dan distributor untuk memasarkan Fastron di AS. Sejak ikut serta American Rally tahun ini dan pada Mei lalu Fastron World Rally Team, yang terdiri dari Rifat Sungkar dan Marshall Clarke, menjadi juara ketiga di Oregon Trail Rally, sejumlah kalangan di AS menanyakan tentang Fastron dan Pertamina,” ujar Christina CH Simorangkir, Asisten Manajer Komunikasi dan Pelayanan Konsumen PT Pertamina Lubricants Unit di Newry, Maine, AS, Selasa malam atau Rabu (24/7/2013) siang waktu di Jakarta.

Tahun lalu, Fastron World Rally Team mengikuti enam seri World Rally Championship di beberapa negara Eropa. Saat ini Fastron sudah bisa menembus pasar Eropa, terutama Swiss dan Italia.