Aturan Integrasi Industri Keuangan Terbit pada 2014

Kompas.com - 26/07/2013, 15:11 WIB
Otoritas Jasa Keuangan KONTANOtoritas Jasa Keuangan
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan resmi mengawasi perbankan di tahun 2014. Adanya konglomerasi antara bank sebagai induk dengan anak usahanya, membuat OJK merasa perlu membuat aturan terintegrasi antar lembaga keuangan. Rencananya, aturan ini akan keluar di awal tahun 2014.

"Semoga awal tahun bisa diterapkan. Bersamaan dengan pengawasan bank yang masuk ke OJK," sebut Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad, di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jumat, (26/7/2013).

Ia menyatakan bahwa OJK akan membuat harmonisasi aturan antara bank dengan non-bank seperti perusahaan asuransi, pembiayaan, dan dana pensiun. Sehingga, OJK dapat mengawasi lembaga keuangan tersebut secara terintegrasi.

OJK melihat bahwa 65% aset lembaga keuangan berasal dari konglomerasi lembaga keuangan. "Banyak bank punya anak perusahaan. Maka harus ada aturan yang terintegrasi," sebut Muliaman.

Saat ini, OJK masih melakukan persiapan aturan integrasi tersebut. Pihaknya pun masih melakukan konsultasi dengan asosiasi dan industri untuk menerima masukan. (Annisa Aninditya Wibawa)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Kontan
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X