Jelang Lebaran, Pemerintah Jamin Stok BBM Aman

Kompas.com - 30/07/2013, 11:51 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menjamin stok energi listrik menjelang Lebaran ini masih aman. Sehingga masyarakat bisa melakukan mudik di kampung masing-masing dengan tenang.

"Untuk listrik ini agak enak, karena dengan libur besar, komplek-komplek kawasan industri semua libur sehingga listriknya tidak terpakai. Stok listrik jadi banyak sehingga stok aman," kata Jero saat ditemui di kantor Kementerian Perekonomian Jakarta, Senin (29/7/2013) malam.

Saat ini, Kementerian ESDM bersama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) maupun perusahaan listrik swasta sedang memastikan gardu-gardu listrik untuk melihat kapasitas daya yang ada.

Di sisi lain, pihaknya juga memasang penangkal petir, khususnya di gardu listrik agar tidak mati saat hujan deras disertai petir menyambar. Jero juga mengingatkan bagi masyarakat ibukota yang sedang mudik, untuk mematikan listrik rumah sehingga aman saat ditinggal pergi.

Pihaknya juga menghimbau masyarakat untuk memastikan semua perangkat yang memerlukan listrik agar tidak terpasang saat pemilik rumah sedang mudik. Pihaknya juga mengantisipasi bencana alam termasuk tanah longsor, hujan deras hingga bencana alam apapun yang bisa mengganggu kestabilan energi di tanah air.

Pihaknya saat ini bekerjasama dengan pihak geologi setempat untuk mengantisipasi lokasi yang rawan bencana. Sedangkan untuk stok bahan bakar gas (BBG), Jero mengklaim stoknya juga masih aman karena sebagian kuota gas juga dipakai untuk transportasi Trans Jakarta.  Namun karena sebagian warga ibukota merupakan pendatang dan layanan Trans Jakarta juga menurunkan jumlah armadanya sehingga tidak banyak BBG yang terpakai.

Khusus untuk bahan bakar minyak (BBM), Jero juga memastikan stok masih aman atau cukup untuk 21 hari ke depan. Pihaknya juga memastikan akan ada kantong Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) yang tersebar di sepanjang jalur mudik. Sehingga pemakai jalan tidak khawatir akan kehabisan BBM.

"Kami juga sudah menambah stok BBM di lokasi kritis, misalnya di Jawa Tengah. Soalnya pemudik dari Jakarta mau ke Jawa Timur ini biasanya krisis bensinnya di Jawa Tengah. Kita pastikan semua aman," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.