Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semester I, Saratoga Investama Rugi Rp 1 Triliun

Kompas.com - 31/07/2013, 13:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan milik pengusaha Sandiaga Uno, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk sepanjang semester I-2013 mencatatkan kerugian hingga Rp 1 triliun. Kondisi itu berbalik dari periode yang sama tahun lalu yang mencatatkan keuntungan Rp 1,3 triliun.

Dari laporan keuangan yang dipublikasikan perseroan Rabu (31/7/2013), diketahui salah satu penyumbang kerugian berasal dari pos untung rugi yang belum direalisasikan. Dari pos tersebut, perseroan mencatatkan kerugian sebesar Rp 1,06 triliun. Padahal setahun sebelumnya, Saratoga mencatatkan keuntungan Rp 713 miliar.

Di sisi lain, pendapatan perseroan sepanjang 6 bulan pertama tahun ini Rp 1,16 triliun atau naik 2,6 persen dari periode yang sama tahun lalu Rp 1,13 triliun. Beban pokok pendapatan turun tipis dari Rp 1,06 triliun pada akhir Juni 2012 menjadi Rp 1,03 triliun.

Pada periode Januari-Juni 2013, beban bunga yang telah dibayar oleh Saratoga sebesar Rp 98,64 miliar atau naik dari setahun sebelumnya Rp 83,7 miliar. Adapun, total aset Saratoga hingga akhir semester I-2013 mencapai Rp 14,03 triliun atau naik 8,75 persen.

Saratoga adalah perusahaan investasi yang menjadi pemegang saham di berbagai perusahaan, antara lain maskapai penerbangan Mandala, perusahaan pelumas, Federal Oil, pengelola jalan tol Cikampek Palimanan PT Lintas Marga Sedaya, serta perusahaan rental kendaraan Mitra Pinastika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com