Ikuti Regional, IHSG Ditutup Menguat di Posisi 4.624,33

Kompas.com - 01/08/2013, 16:27 WIB
Ilustrasi  

KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (1/8/2013) berhasil ditutup menguat 13,95 poin (0,3 persen) di posisi 4.624,33, meskipun sepanjang hari ini indeks bergerak cukup fluktuatif.

Indeks sempat turun hingga menyentuh level terendah, yaitu 4.592,09, menyusul pengumuman Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai inflasi Juli yang mencapai 3,29 persen. Level tersebut lebih tinggi dari perkiraan Bank Indonesia.

Akan tetapi, indeks mampu berbalik arah setelah memasuki sesi II. Pada saat yang sama, investor asing juga mulai masuk, meskipun tidak terlalu besar. Nilai transaksi sepanjang perdagangan hari ini mencapai Rp 7,7 triliun.

Saham-saham dari aneka industri menjadi penguat indeks. Hal itu tecermin dari naiknya indeks sektor tersebut tertinggi dibandingkan sektor lainnya, yaitu 2,51 persen.

Sementara itu, sektor finansial menjadi pemimpin penurunan indeks, yang dipicu oleh anjloknya saham Bank Danamon lantaran DBS gagal mengambil alih bank tersebut.

Saham-saham yang top gainers adalah SMGR (2,96 persen), ITMG (1,85 persen), JSMR (8,41 persen), INTP (2,15 persen), PTBA (3,51 persen), dan INKP (25 persen). Adapun saham yang menjadi top losers adalah HMSP (-1,76 persen), GGRM (-1,88 persen), BDMN (-14,42 persen), SUPR (-7,89 persen), MYOR (-1,56 persen), dan HEXA (-7,50 persen).

Dari regional, hampir seluruh bursa di kawasan Asia Pasifik ditutup menghijau. Salah satu penyebabnya adalah investor menyambut baik keputusan the Fed untuk mempertahankan stimulus perekonomian.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X