Bersaing dengan Perusahaan Asing, Pekerja dan Pengusaha Harus Bersatu

Kompas.com - 01/08/2013, 20:20 WIB
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi Kompas.com/Kurnia Sari AzizaKetua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com
- Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengajak seluruh kalangan pengusaha dan pekerja untuk bersatu sehingga bisa bersaing dengan perusahaan lain di luar negeri.

"Sekarang ini antara pengusaha dengan serikat pekerja seakan merupakan sebagai lawan. Padahal persaingan ekonomi kita itu dengan luar negeri, bukan sesama kita sendiri. Kita harus bersatu," kata Sofjan dalam sambutannya di acara Silahturahmi dan Buka Puasa Bersama Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Apindo dengan Serikat Pekerja di Jakarta, Kamis (1/8/2013).

Dia mengatakan bahwa perselisihan antara pengusaha dengan pekerja dapat dimanfaatkan oleh pihak asing sebagai keuntungan. Oleh karena itu, menurut dia, perlu adanya pembicaraan informal antara pengusaha dengan serikat pekerja untuk memikirkan langkah-langkah ke depan.

"Di negara kita sulit bersatu sekarang karena kepentingan sesaat, kepentingan kelompok saja. Ini perlu kita adakan dialog, renungkan bersama. Para pengusaha dan serikat pekerja harus memikirkan bersama-sama bagaimana caranya bertahan menghadapi tantangan ekonomi ke depan," ujar dia.

Sofjan memperkirakan tahun politik 2014 akan memberikan banyak pengaruh bagi sektor usaha, yang perlu dijawab dengan pikiran jernih baik oleh pengusaha maupun pekerja.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X