Kompas.com - 02/08/2013, 20:50 WIB
Ilustrasi jalan tol. ShutterstockIlustrasi jalan tol.
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com —
Tahun 2013 ini ada 18 ruas jalan tol yang tarifnya akan naik. Ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

Dari 18 ruas tol yang direncanakan naik itu, baru ruas tol Makassar Seksi IV yang naik pada April 2013 silam.

"Kenaikan akan ditetapkan sesuai jadwal," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Achmad Gani Ghazali, Jumat (2/8/2013).

Gani menyatakan, para operator tol sudah mengajukan surat permohonan yang mengingatkan BPJT bahwa tarif ruas tol tersebut sudah waktunya naik.

Menurutnya, tiga bulan sebelum jadwal kenaikan berlaku, surat itu harus sudah diterima BPJT. "Semua operator sudah mengajukan surat. Kami akan turunkan tim untuk pengecekan di lapangan setelah Lebaran ini," kata Gani.

Gani menyatakan, BPJT akan mengecek standar pelayanan minimum (SPM) di ruas tol tersebut sebagai syarat mutlak kenaikan tarif tol.

Ia bilang, kenaikan tarif di tiap ruas tol berbeda-beda sesuai dengan inflasi tiap-tiap wilayah. Gani bilang, sebulan sebelum kenaikan, pihaknya akan meminta data dari BPS untuk menghitung besaran kenaikan tarif.

Berikut beberapa ruas tol yang akan mengalami kenaikan tarif:

- Agustus
Ruas tol Surabaya-Mojokokerto Seksi I.

- September
Ruas tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang, Jakarta Outer Ring Road (JORR), Padalarang-Cileunyi, Cikampek-Purwakarta-Padalarang, Semarang ABC, Surabaya-Gempol, Palimanan-Kanci, Balmerah (Medan), Serpong-Pondok Aren, Pondok Aren-Ulujami, Tangerang-Merak, Ujung Pandang I dan II.

- November
Ruas tol Semarang-Ungaran, Bogor Ring Road. (Fahriyadi)



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X