Kompas.com - 06/08/2013, 09:32 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga emas berjangka jatuh lima kali berturut-turut, dan membuat harga komoditas ini berada dititik terendah sejak Mei 2013, akibat naiknya nilai dollar AS.

Nilai tukar dollar AS mengalami kenaikan sebesar 0,4 persen menjadi 1,32 terhadap euro. Sementara itu, harga emas telah jatuh 22 persen sepanjang tahun ini akibat menguatnya nilai mata uang tersebut. 

Selain karena menguatnya dollar AS, anjloknya harga logam mulia itu juga akibat kekhawatiran investor terhadap langkah Federal Reserve yang akan mengurangi stimulus perekonomian.

"Menguatnya dollar AS terhadap euro membuat harga emas semakin tertekan. Beberapa investor berada dalam persimpangan karena mereka ingin kejelasan dari Fed," kata David Lee, VP Heraeus Precious Metals Management di New York, dikutip Selasa (6/8/2013).

Emas berjangka untuk pengiriman pada Desember turun 0,6 persen di angka 1.302,40 dollar AS per ounce di Comex New York. Pekan lalu, the Fed mengatakan akan mempertahankan program pembelian obligasi sebesar 85 miliar dollar AS secara bulanan.

Fed juga memperingatkan inflasi yang masih rendah dapat menghambat ekspansi ekonomi. Setengah dari 54 ekonom dalam survei Bloomberg bulan lalu memperkirakan the Fed memutuskan untuk mengurangi pembelian obligasi pada bulan September.

Di New York Mercantile Exchange, platinum berjangka untuk pengiriman Oktober turun 0,2 persen menjadi 1.448,10 dollar AS per ounce. Palladium berjangka untuk pengiriman September naik 0,8 persen ke 735,20 dollar AS per ounce.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.