Bulan Ini, LPS Jajaki 2 Pembeli Potensial Bank Mutiara

Kompas.com - 09/08/2013, 11:55 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah mengantongi 2 calon investor PT Bank Mutiara Tbk yang telah memenuhi syarat. Untuk menilai kecocokannya, LPS berencana melakukan penjajakan terhadap 2 peminat tersebut di bulan ini.

"Mudah-mudahan Agustus minggu ketiga, kita mulai due diligence," ujar Kepala Eksekutif LPS Mirza Adityaswara.

Mirza bilang, 2 calon investor yang memenuhi persyaratan tersebut merupakan lembaga perbankan asing. Meski begitu, ia belum mau mengungkapkan lebih jelas dari mana negara asal 2 calon investor Bank Mutiara tersebut.

Pada periode terakhir penawaran Bank Mutiara dengan harga Rp 6,7 triliun ini, terdapat 6 calon investor yang menyatakan minat. Namun, hanya 5 calon yang telah mendaftar dengan memasukkan persyaratan dokumen. LPS pun melakukan penilaian dan prakualifikasi terhadap berkas calon investor yang telah mendaftar tersebut dan menemukan 2 calon yang memenuhi persyaratan.

LPS telah menetapkan 5 syarat untuk menjadi investor Bank Mutiara. Pertama, memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan; termasuk Peraturan Bank Indonesia (PBI) mengenai kepemilikan bank. Kedua, bukan merupakan pemegang saham lama dan bukan pihak terafiliasi dengan atau memiliki hubungan keluarga dengan pemegang saham lama.

Ketiga, mempunyai komitmen dan kemampuan keuangan yang kuat untuk memenuhi seluruh kewajiban pembayaran atas pembelian saham tepat waktu.

Keempat, memiliki pengalaman dalam industri perbankan dan/atau mampu menunjukkan kemampuan untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan industri perbankan di Indonesia. Lalu, kelima, tidak termasuk dalam daftar negatif atau daftar orang tercela di industri perbankan. (Annisa Aninditya Wibawa)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kontan
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.