BI: Kredit Mikro Bank Bantu Kembangkan UMKM

Kompas.com - 12/08/2013, 12:58 WIB
Pedagang berjualan telur asin di Jalan Diponogoro, Brebes, Jawa Tengah, Senin (29/7/2013). BI mengupayakan akan pelaku usaha kecil dan mikro bisa mendapatkan layanan perbankan. KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNAPedagang berjualan telur asin di Jalan Diponogoro, Brebes, Jawa Tengah, Senin (29/7/2013). BI mengupayakan akan pelaku usaha kecil dan mikro bisa mendapatkan layanan perbankan.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Upaya bank-bank dalam membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan memberikan kredit diharapkan dapat membantu pengusaha UMKM untuk berkembang.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Halim Alamsyah mengatakan, bila dibandighkan dengan negara anggota Masyarakat Ekonomi ASEAN lainnya, pelaku usaha mikro di Indonesia jumlahnya sangat banyak. Oleh karena potensi yang ada ini harus didayagunakan," kata Halim di Jakarta, Senin (12/8/2013).

Dalam upaya mendayagunakan kredit mikro, Halim menyatakan akan menggunakan proses-proses non-tradisional. Upaya tersebut misalnya menggunakan sistem pembayaran dan upaya menggunakan branchless banking.

"Kita gunakan juga branchless banking supaya usaha-usaha mikro yang belum tersentuh bisa diperkenalkan (kepada) jenis jasa layanan keuangan yang selama ini mungkin mereka belum terlibat," kata Halim.

Ia juga mengatakan, bahwa selama ini baru terdapat beberapa bank yang menyediakan jasa kredit mikro. Halim menyebut BRI sebagai bank yang sudah lama menyediakan jasa kredit tersebut. Sisanya terdapat 2-3 bank lain yang menyediakan jasa yang cukup baik terkait kredit mikro.

"Saya kira ini (tumbuhnya bank-bank yang menyediakan kredit mikro) bagus untuk UKM-nya. Karena (dampaknya) pembiayaan akan makin besar. Mungkin bunganya akan menurun karena ada persaingan," ungkapnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X