Kompas.com - 12/08/2013, 15:09 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat pendapatan sepanjang semester I-2013 mencapai Rp 4 triliun. Jumlah itu mencakup 44,44 persen dari target tahun ini sebesar Rp 9 triliun.

Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan menjelaskan bahwa pendapatan itu diperoleh dari semua lini bisnis KAI, antara lain penjualan tiket kereta api jarak jauh. "Dari sisi volume penumpang juga mengalami kenaikan," ujarnya, Senin (12/7/2013).

Sementara itu, selama arus mudik Lebaran, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengangkut sekitar 100.000 penumpang dalam sehari dengan 305 perjalanan dalam sehari.

"Jumlah penumpang yang diangkut oleh kereta jarak jauh dan menengah selama arus mudik naik 18 persen. Jumlah perjalanan dari timur ke barat 305 perjalanan dalam sehari. Rata-rata penumpang yang diangkut 100.000 orang sehari," katanya.

Jonan menyatakan, layanan Lebaran oleh KAI dioperasikan dari tanggal 1 sampai 18 Agustus untuk melayani pemudik. Sementara itu, pemerintah menetapkan tanggal operasi dari 1 sampai 16 Agustus. Hal ini dilakukan karena tingginya animo masyarakat dalam menggunakan kereta api untuk bermudik.

Khusus untuk pendapatan selama Lebaran, Jonan mengakui terjadi peningkatan. "Dari H-7 sampai H+2 Lebaran, pendapatan naik 24 persen sampai kemarin (Minggu 11/8/2013). Pendapatan tahun ini Rp 147,2 miliar untuk kereta jarak jauh dan menengah. Pendapatan tahun lalu Rp 118,9 miliar," kata Jonan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.