Kompas.com - 13/08/2013, 14:45 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Nilai tukar rupiah terhadap mata uang dollar Amerika Serikat (AS) mencapai titik terendah selama empat tahun.

Pada pukul 14.26 WIB, nilai tukar rupiah tumbang ke 0,1 persen menjadi Rp 10.300 per dollar AS, level terlemah sejak Juli 2009. Sebelumnya, pada pukul 09.51 WIB, nilai tukar rupiah sempat menguat ke posisi Rp 10.294 per dollar AS.

Pelemahan rupiah terjadi karena meningkatnya spekulasi stimulus di AS serta turunnya defisit perdagangan Indonesia.

Perry Warjiyo, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) sebagaimana dikutip Bloomberg pernah memproyeksikan adanya potensi defisit perdagangan Indonesia di kuartal II senilai 9 miliar dollar AS. Sementara itu, kuartal sebelumnya, defisit perdagangan Indonesia tercatat senilai 5,3 miliar dollar AS.

"Ada kenaikan kekhawatiran bahwa Federal Reserve akan melanjutkan rencana pengurangan stimulus," kata Rully Nova, analis dari PT Bank Himpunan Saudara 1906 di Jakarta yang dikutip oleh Bloomberg.

Rully menyebutkan, ketidakpastian rencana kebijakan stimulus AS itu membuat banyak dollar keluar dari mata uang emerging market termasuk rupiah.

Sementara itu, yield obligasi negara yang jatuh tempo Mei 2023 naik dua basis poin menjadi 7,75 persen, level tertinggi sejak 31 Juli berdasarkan data dari Inter Dealer Market Association. (Asnil Bambani Amri)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kontan
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.