Kompas.com - 14/08/2013, 16:22 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah secara resmi mengangkat Johanes Widjonarko sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SKK Migas menggantikan Rudi Rubiandini yang saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menteri ESDM Jero Wacik menjelaskan, pengangkatan tersebut telah ditandatangani langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Ini untuk menjamin agar industri migas nasional tetap jalan normal seperti biasa," jelasnya dalam konferensi pers Rabu (14/8/2013).

Dia menjelaskan, seiring dengan pengangkatan itu, Johanes Widjonarko memiliki wewenang untuk menandatangani semua urusan yang berkaitan dengan industri migas nasional.

Dalam kesempatan itu, Jero Wacik juga menyebutkan bahwa pihaknya mendukung penuh pemberantasan korupsi oleh KPK. "Kami juga dukung upaya KPK untuk usut tuntas permasalahan hukum tersebut," lanjutnya.

Sebelum menjabat sebagai Kepala SKK Migas, Johanes Widjonarko menduduki posisi Wakil Kepala BP Migas (2012) dan Deputi Umum pada lembaga yang sama (2011).

Widjonarko menamatkan pendidikan Teknik Geologi di Universitas Pembangunan Nasional (UPN), Yogyakarta, pada tahun 1988, kemudian meraih gelar Master Ilmu Administrasi Kebijakan Bisnis dari Universitas Indonesia pada tahun 2001.

Dia memulai kariernya dengan bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di Dirjen Migas Kementerian ESDM sejak tahun 1991. Dia juga aktif sebagai anggota tim dalam menyusun dan menyiapkan berbagai konsep peraturan perundangan terkait migas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.