Lelang Barter Valas, BI Berhasil Serap 1,996 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 15/08/2013, 16:11 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Lelang barter valas (foreign exchange swap) yang digelar oleh Bank Indonesia hari ini kembali mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed).

Dari keterangan resmi BI Kamis (15/8/2013), nilai barter valas yang akhirnya dilepas oleh bank sentral sebesar 1,996 miliar dollar AS. Sementara itu, tawaran yang masuk mencapai 2,081 miliar dollar AS.

"Jumlah penawaran yang masuk melebihi target yang ditetapkan (oversubscribed)," tulis Bank Indonesia.

Adapun dalam lelang yang digelar hari ini, barter valas yang bertenor 1 bulan berhasil diserap 886 juta dollar AS, untuk 3 bulan 635 juta dollar AS dan yang bertenor 6 bulan 475 juta dollar AS.

Lelang foreign exchange swap merupakan bagian dari penguatan bauran kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia. Ada tiga hal yang ingin dicapai dari lelang ini. Pertama, sebagai bagian dari penguatan operasi moneter BI untuk pengelolaan likuiditas valas dan rupiah di pasar.

Kedua, lelang tersebut dimaksudkan sebagai instrumen lindung nilai (hedging) bagi investor maupun pengusaha terhadap risiko pergerakan nilai tukar rupiah atas kebutuhan likuiditas valas dan rupiahnya.

Ketiga, lelang foreign exchange swap ini merupakan salah satu upaya Bank Indonesia dalam mendorong pendalaman pasar melalui pembentukan harga yang lebih efisien dan transparan, serta pengayaan instrumen.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.