Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lelang Barter Valas, BI Berhasil Serap 1,996 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 15/08/2013, 16:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lelang barter valas (foreign exchange swap) yang digelar oleh Bank Indonesia hari ini kembali mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed).

Dari keterangan resmi BI Kamis (15/8/2013), nilai barter valas yang akhirnya dilepas oleh bank sentral sebesar 1,996 miliar dollar AS. Sementara itu, tawaran yang masuk mencapai 2,081 miliar dollar AS.

"Jumlah penawaran yang masuk melebihi target yang ditetapkan (oversubscribed)," tulis Bank Indonesia.

Adapun dalam lelang yang digelar hari ini, barter valas yang bertenor 1 bulan berhasil diserap 886 juta dollar AS, untuk 3 bulan 635 juta dollar AS dan yang bertenor 6 bulan 475 juta dollar AS.

Lelang foreign exchange swap merupakan bagian dari penguatan bauran kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia. Ada tiga hal yang ingin dicapai dari lelang ini. Pertama, sebagai bagian dari penguatan operasi moneter BI untuk pengelolaan likuiditas valas dan rupiah di pasar.

Kedua, lelang tersebut dimaksudkan sebagai instrumen lindung nilai (hedging) bagi investor maupun pengusaha terhadap risiko pergerakan nilai tukar rupiah atas kebutuhan likuiditas valas dan rupiahnya.

Ketiga, lelang foreign exchange swap ini merupakan salah satu upaya Bank Indonesia dalam mendorong pendalaman pasar melalui pembentukan harga yang lebih efisien dan transparan, serta pengayaan instrumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com