Harga Elpiji 12 Kg Naik, Pertamina Dapat Tambahan Laba Rp 5 Triliun

Kompas.com - 16/08/2013, 14:15 WIB
Tabung gas isi 12 kg. KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHOTabung gas isi 12 kg.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan mengungkapkan bahwa Pertamina berpotensi meraup keuntungan tambahan hingga Rp 5 triliun jika harga elpiji12 kg dinaikkan.

"Pertamina labanya bisa Rp 5 triliun lebih besar dari sekarang kalau bisnis elpiji bisa lebih baik," ujarnya di kantor pusat Pertamina, Kamis (16/8/2013).

Kerugian tersebut, kata Dahlan bukanlah kesalahan atau dikarenlan oleh Pertamina sendiri, karena Pertamina hanya menjalankan instruksi pemerintah terkait penyaluran elpiji.

"Bahwa itu bukan kelemahan manajemen, kebodohan manajemen, tapi karena itu sudah penugasan. Pertamina kan punya negara, kalau negara nyuruh Pertamina menyalurkan elpiji dengan harga tertentu, ya harus dituruti. Namanya juga pemilik," terangnya.

Dahlan menambahkan, yang terpenting ialah pemerintah dapat lebih memperhatikan pertamina sebagai pengelola. "Yang penting itu diakui. Namanya pemilik jadi Pertamina harus mengikuti. Tentu diharapkan pemiliknya pun mempertimbangkan kemampuan dan masa depan Pertamina," tutupnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X