SBY: Pendapatan per Kapita RI Capai 5.000 Dollar AS pada 2014

Kompas.com - 16/08/2013, 15:00 WIB
Ilustrasi Kemiskinan di pinggiran Kota Jakarta KOMPAS/AGUS SUSANTOIlustrasi Kemiskinan di pinggiran Kota Jakarta
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan di akhir tahun 2014 pendapatan per kapita Indonesia dapat mencapai angka 5.000 dollar AS.

"Dengan usaha dan kerja keras kita bersama, insya Allah pada akhir tahun 2014, PDB per kapita kita akan mendekati 5.000 dollar AS," ungkap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pidato kenegaraan yang disampaikannya di Gedung DPR MPR, Jumat (16/8/2013) pagi.

SBY mengatakan kemampuan Indonesia untuk meningkatkan prpduktivitas nasional telah menunjukkan hasil yang nyata. Hal ini terlihat pada meningkatnya PDB per kapita Indonesia dalam 10 tahun terakhir.

Peningkatan ini berdampak peningkatan jumlah kelompok kelas menengah di tanah air. "Kemampuan kita untuk meningkatkan produktivitas nasional telah menunjukkan hasil yang nyata. Hal ini tercermin pada peningkatan pendapatan per kapita, sekaligus menjelaskan semakin membesarnya jumlah kelas menengah di tanah air," ungkap SBY.

SBY memaparkan PDB per kapita Indonesia yang kian meningkat. Pada tahun 2004 PDB per kapita Indonesia mencapai 1.177 dollar AS. Pada tahun 2009, Indonesia berhasil meningkatkan PDB per kapita menjadi 2.299 dollar AS. Terakhir, tahun lalu tercatat PDB per kapita Indonesia mencapai 3.592.

Hari ini Presiden SBY menyampaikan pidato kenegaraannya dalam rangka HUT ke-68 proklamasi kemerdekaan RI di Gedung DPR/MPR. Pidato ini disampaikannya di hadapan anggota parlemen, para menteri kabinet Indonesia Bersatu jilid II, duta besar negara-negara sahabat, dan tamu undangan lainnya.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X