BI Optimistis Rupiah Menguat Tahun Depan

Kompas.com - 17/08/2013, 11:30 WIB
Gedung Bank Indonesia KOMPAS/WISNU WIDIANTOROGedung Bank Indonesia
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) optimistis nilai tukar rupiah akan menembus Rp 9.750 per dollar AS pada tahun 2014. Hal ini sesuai dengan asumsi rata-rata nilai tukar rupiah yang dinyatakan Presiden SBY dalam pidato RAPBN 2013 kemarin di Gedung DPR.

Namun pada kenyataannya, saat ini nilai tukar rupiah berada pada posisi Rp. 10.500 per dollar AS. BI menilai fenomena ini terkait dengan kondisi neraca pembayaran Indonesia pada kuartal II tahun 2013.

"Kondisinya begini, neraca pembayaran di kuartal II tahun 2013 ini memang defisitnya besar. Tapi ke depannya kondisi neraca pembayaran itu akan semakin membaik. Defisitnya akan semakin mengecil," ujar Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo kepada Kompas.com di kantornya, Sabtu (17/8/2013).

Perry menyatakan, tentu saja secara keseluruhan neraca pembayaran akan kembali surplus dan membawa angin segar pada nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

"Secara keseluruhan neraca pembayaran akan kembali surplus dan itu akan membawa nilai tukar (rupiah) yang lebih stabil dan cenderung menguat. Ke depannya arah nilai tukar akan cenderung stabil dan menguat," kata Perry.

Dalam pidatonya mengenai RAPBN 2014 kemarin, Jumat (16/8/2013) kemarin, Presiden SBY menyatakan tahun 2014 mendatang pemerintah akan menggunakan asumsi nilai tukar Rp 9.750 per dollar AS.

"Melalui kebijakan moneter yang berhati-hati, kita menjaga stabilitas tingkat nilai tukar rupiah yang realistis. Untuk tahun 2014, kita menggunakan asumsi rata-rata nilai tukar adalah Rp 9.750 per dollar AS," ungkap SBY.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X