Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Seluruh SPBU Sudah Terpasang RFID

Kompas.com - 17/08/2013, 14:00 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina menargetkan tahun 2014, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di seluruh Indonesia, sudah terpasang alat kendali bahan bakar minyak bersubsidi dengan teknologi identifikasi frekuensi radio (radio frequency identification/RFID).

Pertama, Pertamina menargetkan pemasangan RFID di setiap SPBU yang ada di DKI Jakarta pada akhir bulan ini, yaitu sebanyak 274 lokasi. Setelah itu Pertamina akan memfokuskan penggunaan RFID di kendaraan.

"Awalnya kita pasang di kendaraan milik pemerintah, lalu secara bertahap ke mobil-mobil milik masyarakat. Jadi memang memerlukan proses," kata Hanung Budya, Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina di Bandung, Jumat (16/8/2013).

Setelah DKI Jakarta, Hanung menambahkan, Pertamina akan melanjutkan ke daeah yang kemungkinan banyak terjadinya penyalahgunaan BBM PSO, khususnya solar, seperti pada wilayah Kalimantan, Jawa Barat dan Lampung.

"Jadi kami harapkan semuanya sudah selesai pada pertengahan 2014 seluruh Indonesia, SPBU sudah terpansangkan RFID," kata Hanung.

Sementara itu Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan mengakui adanya keterlambatan jadwal pemasangan RFID ini, yang semula direncanakan pada bulan Juli. Akan tetapi Karen berkeyakinan jika pemasangan sistem RFID ini akan selesai tepat pada waktunya.

"Memang awalnya pertama agak molor, tapi endingnya harus seperti target semula," pungkasnya.

RFID adalah teknologi identifikasi otomatis yang menggunakan gelombang radio. Melalui pemasangan alat ini, akan diketahui, apakah masyarakat pembeli BBM bersubsidi telah melampaui kuota yang ditetapkan ataukan belum. Jika telah melampaui, pembeli yang bersangkutan tidak bisa membeli BBM bersubsidi.

Selain pada SPBU, alat tersebut juga dipasang pada kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com