Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Tembus Level 10.500, Menkeu: Masih Aman

Kompas.com - 19/08/2013, 16:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan (Menkeu) RI M Chatib Basri menegaskan, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS masih berada pada level aman. Ia menyatakan, kondisi rupiah masih lebih baik dibandingkan mata uang negara-negara lain. Hari ini nilai tukar rupiah sudah menembus level Rp 10.500 per dollar AS.

"Kalau (rupiah) melemah tajam, bandingkan dengan negara lain. Pelemahannya ternyata lebih rendah," kata Chatib saat halalbihalal di kantor BKPM, Senin (19/8/2013).

Chatib menyebutkan, rupiah terhadap mata uang lain justru menguat, misalnya terhadap dollar AS. "Dulu, enam bulan lalu, kurs dollar Australia itu naik turun. Sekarang 1 dollar Australia Rp 9.300. Artinya, dollar Australia terhadap rupiah saja melemah," ucapnya.

Saat ditanya mengenai intervensi agar rupiah bisa perkasa terhadap dollar AS, ia  mengungkapkan, yang berwenang terhadap hal itu adalah Bank Indonesia. Baginya, yang penting adalah stabilitas nilai tukar rupiah.

"Yang saya tahu, BI tidak pernah mempertahankan level, tapi bagaimana menjaga rupiah agar tidak fluktuatif. Yang penting, stabilitas nilai tukar. Anda akan susah bisnis kalau harganya turun terus," ujar Chatib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com