Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepucuk Surat SKK Migas untuk Kernel Oil

Kompas.com - 20/08/2013, 14:14 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com —
Satuan Kerja Khusus Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengumumkan telah membuka lelang minyak mentah sebanyak 400.000-500.000 barrel pada periode September-Oktober 2013.

Dalam lelang kali ini, SKK Migas mencoret PT Kernel Oil Pte Ltd (KOPL) dalam proses lelang. Hal ini disampaikan Deputi Pengendalian Komersial SKK Migas Widyawan Prawiratmaja, di Jakarta, Selasa (20/8/2013).

Widyawan menjelaskan, peserta lelang akan dibuka untuk 35 perusahaan oil trader yang terdaftar di SKK Migas, termasuk salah satunya Kernel Oil. Namun, sebelum pendaftaran lelang dibuka pada Senin (19/8/2013) lalu, SKK Migas ternyata telah berkirim surat ke Kernel Oil pada Jumat (16/8/2013), tiga hari setelah ditangkapnya Kepala SKK Migas.

Isi suratnya ialah tentang pelarangan Kernel Oil untuk mengikuti lelang minyak tersebut. "Dengan adanya proses hukum di KPK, Kernel Oil tidak diperkenankan ikut proses lelang. Kalau Kernel melakukan penawaran pun pasti didiskualifikasi," ujar Widyawan kepada wartawan di kantornya.

Dia mengatakan, sampai sekarang, pihak Kernel tidak melakukan penawaran. Widyawan pun menjelaskan, ada empat perusahaan yang lolos persyaratan ikut lelang. Empat perusahaan itu berasal dari Singapura, Tokyo, dan Sydney. Pemenang lelang pun akan diumumkan pada Rabu (21/8/2013). (Oginawa R Prayogo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com