Kompas.com - 20/08/2013, 14:14 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com —
Satuan Kerja Khusus Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengumumkan telah membuka lelang minyak mentah sebanyak 400.000-500.000 barrel pada periode September-Oktober 2013.

Dalam lelang kali ini, SKK Migas mencoret PT Kernel Oil Pte Ltd (KOPL) dalam proses lelang. Hal ini disampaikan Deputi Pengendalian Komersial SKK Migas Widyawan Prawiratmaja, di Jakarta, Selasa (20/8/2013).

Widyawan menjelaskan, peserta lelang akan dibuka untuk 35 perusahaan oil trader yang terdaftar di SKK Migas, termasuk salah satunya Kernel Oil. Namun, sebelum pendaftaran lelang dibuka pada Senin (19/8/2013) lalu, SKK Migas ternyata telah berkirim surat ke Kernel Oil pada Jumat (16/8/2013), tiga hari setelah ditangkapnya Kepala SKK Migas.

Isi suratnya ialah tentang pelarangan Kernel Oil untuk mengikuti lelang minyak tersebut. "Dengan adanya proses hukum di KPK, Kernel Oil tidak diperkenankan ikut proses lelang. Kalau Kernel melakukan penawaran pun pasti didiskualifikasi," ujar Widyawan kepada wartawan di kantornya.

Dia mengatakan, sampai sekarang, pihak Kernel tidak melakukan penawaran. Widyawan pun menjelaskan, ada empat perusahaan yang lolos persyaratan ikut lelang. Empat perusahaan itu berasal dari Singapura, Tokyo, dan Sydney. Pemenang lelang pun akan diumumkan pada Rabu (21/8/2013). (Oginawa R Prayogo)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.