Rabu, Rapat Kabinet Akan Bahas Pelemahan Rupiah

Kompas.com - 20/08/2013, 20:15 WIB
Menko Perekonomian Hatta Rajasa KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHOMenko Perekonomian Hatta Rajasa
|
EditorHeru Margianto
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan membahas pelemahan nilai tukar rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di rapat kabinet Rabu (21/8/2013). Pemerintah akan merumuskan langkah apa yang akan diambil untuk menstabilkan situasi.

"Besok kita akan rapat kabinet. Kita memiliki beberapa policy respond terhadap situasi ini. Kita tidak pernah lengah dan kita terus mengamati semua," kata Menteri Perekonomian Hatta Rajasa saat ditemui di Jakarta Convention Center, Selasa (20/8/2013).

Ia menjelaskan, pelemahan IHSG dan nilai tukar rupiah ini merupakan imbas dari pelemahan bursa global dan regional. Selain itu, kondisi pasar modal dan moneter dalam negeri masih diselimuti oleh sentimen kepanikan pasar atas rencana penghapusan stimulus fiskal di Amerika Serikat pada September 2013 mendatang. Kondisi tersebut menyebabkan nilai tukar dollar AS terus menguat dan membuat nilai tukar rupiah justru terpuruk.

"Kita akan mengamati terus, mencermati dan melakukan koordinasi yang sangat baik antar dunia usaha dengan Bank Indonesia dan pemerintah," tambahnya.

Siang tadi, Menteri Keuangan Chatib Basri menemui Wakil Presiden Boediono untuk membahas pelemahan rupiah dan IHSG ini sekaligus tukar pikiran untuk mengantisipasi pelemahan kondisi makro moneter tersebut.

Hingga sore ini, rupiah sesuai dengan kurs tengah Bank Indonesia, diperdagangkan di level Rp 10.504 per dollar AS, melemah dibanding perdagangan kemarin di level Rp 10.451 per dollar AS. Sementara, IHSG pada penutupan perdagangan sore ini pukul 16.00 WIB, tercatat 4.174,98, turun 138,54 poin atau 3,21 persen. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X