Makin Terpuruk, Rupiah Mendekati Level 11.000 Per Dollar AS

Kompas.com - 21/08/2013, 11:21 WIB
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com —
Mata uang rupiah makin tertekan. Pada pukul 09.47 WIB pagi, Rabu (21/8/2013), nilai tukar rupiah di pasar spot nyaris menembus Rp 11.000. Rupiah berada di posisi Rp 10.959 per dollar Amerika Serikat (USD).

Nilai tukar rupiah pagi ini sudah melemah 2,1 persen jika dibandingkan posisi rupiah kemarin di posisi Rp 10.753 per dollar AS. Dalam tiga bulan belakangan ini, rupiah sudah melemah sebesar 10,9 persen.

Pelemahan rupiah terjadi karena munculnya spekulasi atas keputusan pembatasan stimulus moneter di Amerika Serikat (AS) dalam waktu dekat. Selain itu, pelemahan rupiah terjadinya akibat defisit neraca perdagangan Indonesia.

Sementara itu, nilai kurs tengah yang ditetapkan Bank Indonesia (BI) kemarin (20/8/2013) sudah berada di posisi Rp 10.504 per dollar AS. (Asnil Bambani Amri)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.