Kompas.com - 21/08/2013, 15:36 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
-  Chief Economist & Director for Investor Relation PT. Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat menilai terpuruknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hanya bersifat seasonal (musiman) dan siklikal.

Budi, menyatakan kondisi IHSG saat ini merupakan gabungan antara seasonal sentiment dan cyclical fundamental. Sentimen musiman, kata Budi, merupakan hal biasa terkait dengan masa liburan pada kuartal 2, naiknya harga BBM, dan trade balance dalam current account defisit.

Sementara cyclical fundamental terjadi karena salah satunya ada tanda-tanda penguatan di Amerika Serikat. "Indeks saat ini bersifat musiman dan bersiklus setelah secara fundamental mendorong membengkaknya defisit neraca perdagangan," kata Budi dalam Media Briefing Bahana Group, Jakarta, Rabu (21/8/2013).

Budi berpendapat, kecemasan terhadap Federal Reserve AS yang akan memotong stimulus menjadi katalis negatif menjadi faktor eksternal.

Di samping itu spekulasi mengenai kondisi Indonesia yang dikatakan akan seperti India yang terpuruk sebagai imbas dari defisit neraca berjalan.  Terkait kondisi ini, Budi menyarankan para investor untuk mulai membeli Surat Utang Negara (SUN).  Selain itu, investor juga disarankan untuk membeli saham big caps yang cenderung tahan menghadapi pelemahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.