Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonom: Keterpurukan IHSG Hanya Musiman

Kompas.com - 21/08/2013, 15:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
-  Chief Economist & Director for Investor Relation PT. Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat menilai terpuruknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hanya bersifat seasonal (musiman) dan siklikal.

Budi, menyatakan kondisi IHSG saat ini merupakan gabungan antara seasonal sentiment dan cyclical fundamental. Sentimen musiman, kata Budi, merupakan hal biasa terkait dengan masa liburan pada kuartal 2, naiknya harga BBM, dan trade balance dalam current account defisit.

Sementara cyclical fundamental terjadi karena salah satunya ada tanda-tanda penguatan di Amerika Serikat. "Indeks saat ini bersifat musiman dan bersiklus setelah secara fundamental mendorong membengkaknya defisit neraca perdagangan," kata Budi dalam Media Briefing Bahana Group, Jakarta, Rabu (21/8/2013).

Budi berpendapat, kecemasan terhadap Federal Reserve AS yang akan memotong stimulus menjadi katalis negatif menjadi faktor eksternal.

Di samping itu spekulasi mengenai kondisi Indonesia yang dikatakan akan seperti India yang terpuruk sebagai imbas dari defisit neraca berjalan.  Terkait kondisi ini, Budi menyarankan para investor untuk mulai membeli Surat Utang Negara (SUN).  Selain itu, investor juga disarankan untuk membeli saham big caps yang cenderung tahan menghadapi pelemahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com