Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat, Pemerintah Keluarkan Paket Kebijakan Hadapi Gejolak Rupiah dan Saham

Kompas.com - 21/08/2013, 20:59 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah akan segera mengeluarkan paket kebijakan khusus untuk mengantisipasi pelemahan nilai tukar rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang terjadi akhir-akhir ini. Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, saat ini pemerintah sedang memfinalisasi soal kebijakan yang akan dirilis.

"Nanti hari Jumat (23/8/2013) akan dikeluarkan dalam bentuk paket kebijakan. Kenapa dalam bentuk paket, supaya sifatnya tidak parsial. Kalau parsial itu yang kita hadapi bulanan, dalam situasi ekonomi yang biasa," kata Chatib saat ditemui di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jakarta, Rabu (21/8/2013).

Menanggapi pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono siang tadi, Chatib menyampaikan, kebijakan yang akan dikeluarkan ini merupakan respons pidato tersebut. Sebab, Chatib ingat pesan Presiden, perekonomian Indonesia memang sedang berhadapan dengan perekonomian dunia yang tidak bersahabat.

Di sisi lain, Presiden juga mengingatkan, perekonomian Indonesia pada tahun ini juga menghadapi situasi yang berat. Ekonomi Indonesia dihantui rencana kebijakan stimulus fiskal Amerika Serikat (AS) yang akan dilakukan September ini.

"Tetapi, faktor ini (stimulus fiskal AS) dikombinasikan juga dengan (faktor) domestik, kekhawatiran terhadap ekonomi kita dan kita juga harus melihat ada soal-soal yang harus diselesaikan di ekonomi domestik. Apa itu? Ya soal defisit neraca pembayaran," jelasnya.

Pemerintah menargetkan posisi defisit neraca pembayaran ini akan bisa sedikit membaik menjadi 2,7 persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) di kuartal III-2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com