Kompas.com - 22/08/2013, 20:23 WIB
KOMPAS.COM/Sandro Gatra
|
EditorTri Wahono


JAKARTA, KOMPAS.com
– Menggenjot investasi adalah salah satu bagian dalam paket kebijakan ekonomi yang akan diumumkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Jumat (23/8/2013).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, menyatakan, salah satu isi paket untuk menggenjot investasi adalah relaksasi sejumlah insentif pajak, revisi daftar negatif Indonesia (DNI), dan pemangkasan hambatan terutama perizinan.

Relaksasi insentif pajak antara lain diberlakukan pada tax allowance dan tax holiday. Untuk DNI, revisi yang dilakukan semangatnya adalah membuat daftar tersebut semakin ramah investor tanpa melanggar undang-undang.

Sementara pemangkasan hambatan perizinan antara lain dilakukan di sektor migas. Dari 68 perizinan dipangkas menjadi 8 perizinan.

"Semua hal-hal yang berkaitan dengan perizinan di kementerian yang tidak diatur oleh undang-undang atau peraturan di atasnya tidak perlu lagi. Dan semua kementerian sudah sepakat," kata Hatta.

Di samping itu, Hatta melanjutkan, pemerintah juga mencermati transaksi berjalan yang defisit selama tujuh triwulan berturut-turut. Kenaikan harga bahan bakar minyak per 22 Juni 2013 diharapkan akan mengurangi impor migas sehingga defisit pada triwulan III dan IV tahun 2013 bisa mengecil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.