Kebijakan Biodiesel "Terbangkan" Harga Saham Perkebunan

Kompas.com - 26/08/2013, 15:05 WIB
Kelapa sawit ShutterstockKelapa sawit
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berfluktuasi pada perdagangan hari ini, Senin (26/8/2013), namun saham-saham sektor perkebunan menunjukkan keperkasaannya.

Moncernya harga saham emiten perkebunan hari ini, tidak lepas dari paket kebijakan yang dirilis pemerintah, bahwa biodisel akan dikembangkan untukmengurangi volume impor minyak solar.

Sebagaimana diketahui, defisit transaksi berjalan sebagian besar disumbang oleh impor bahan bakar minyak.

Harga saham PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) mencatatkan lonjakan yang fantastis, yaitu sebesar 2.500 poin dan sempat menyentuh Rp 18.800 per saham. Meskipun menjelang sore, saham emiten ini beringsut ke level Rp 18.150 per saham.

Sementara itu, saham emiten perkebunan lain yang juga naik adalah PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP). Perusahaan perkebunan milik Grup Salim ini naik hingga di atas 15 persen, dan mencapai titik tertinggi di Rp 1.420 per saham.

Saham PT BW Plantation Tbk (BWPT) juga "terbang" hingga 24,19 persen dan berada di level tertinggi Rp 770 per saham.

Indeks sektoral perkebunan menghijau, ketika sektor-sektor lain terbenam di zona merah. Pada pukul 15.04, indeks sektor ini naik 8,88 persen.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X