B.R. Prabowo dan Bisnis Bakso Deg-degan

Kompas.com - 26/08/2013, 19:22 WIB
Pendiri dan pemilik Bakso Sehat Bakso Atom (BSBA) B.R. Prabowo. Berawal dari bakso gerobak pada 2003, BSBA hingga kini memunyai sekitar lebih dari 27 gerai di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) plus Bandung. Menginjak tahapan usia 10 tahun, BSBA menyerap pekerja sekitar 300 orang. 
Josephus PrimusPendiri dan pemilik Bakso Sehat Bakso Atom (BSBA) B.R. Prabowo. Berawal dari bakso gerobak pada 2003, BSBA hingga kini memunyai sekitar lebih dari 27 gerai di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) plus Bandung. Menginjak tahapan usia 10 tahun, BSBA menyerap pekerja sekitar 300 orang.
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Meski sudah sepuluhan tahun menggeluti bisnis makanan bakso lewat bendera Bakso Sehat Bakso Atom (BSBA), pendiri dan pemilik BSBA B.R. Prabowo mengaku masih menjalankan bisnis dengan sembari deg-degan alias membuat jantung berdebar-debar. Apalagi kalau menyangkut anak-anak yang diajak mencicipi cita rasa bakso kreasinya. "Anak-anak kan enggak pernah bohong soal rasa. Kalau rasanya enggak enak mereka langsung bicara. Spontan saja," katanya tergelak.

Prabowo dalam kesempatan peluncuran Laboratorium Kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Strada Budi Luhur bekerja sama dengan BSBA di kompleks sekolah tersebut pada Senin (26/8/2013) mengatakan kalau saat ini adalah waktu bagi para siswa SMK untuk mengalami mengelola bisnis. "Ini untuk memadukan antara teori yang diperoleh di sekolah dengan kenyataan bisnis,"katanya.

Lebih lanjut, Prabowo mengatakan kata "laboratorium" pada proyek percontohan yang pertama di lingkungan Perkumpulan Strada menunjukkan bahwa banyak hal mesti dibedah. Menurutnya, bisnis itu hal yang mudah. Syaratnya, membedah bisnis harus dengan cara-cara yang benar.

Sementara itu, terkait dengan pembelajaran di laboratorium tersebut, Kepala SMK Strada Budi Luhur Kota Bekasi Caelesta Maria Fajarsasi mengatakan seluruh siswa akan mengenyam kesempatan berpraktik di laboratorium tersebut.

Dilarang merokok

Laboratorium kewirausahaan terletak di halaman depan kompleks Strada Budi Luhur Kota Bekasi. Dengan sapuan khas warna kuning oranye, laboratorium itu berbentuk gerai makan. Ada ruang berpendingin udara di situ. Ada juga ruang terbuka bagi konsumen yang hendak menyantap menu utama yakni bakso. Sebuah peti kemas bekas sudah disulap menjadi pusat layanan tempat konsumen mengambil makanan, minuman, sekaligus membayar harganya.

Josephus Primus Gerai Bakso Sehat Bakso Atom (BSBA) di kompleks SMK Strada Budi Luhur Kota Bekasi. Menurut pendiri dan pemilik BSBA B.R. Prabowo, pihaknya memelopori gerai laboratorium kewirausahaan bagi sekolah menengah kejuruan (SMK) sebagai salah satu bentuk nyata menumbuhkan semangat kewirausahaan mulai dari tingkat sekolah menengah.

Lantaran memanfaatkan kompleks sekolah, lanjut Fajarsasi, pihaknya menetapkan aturan tegas dilarang merokok. "Kami mengajarkan kepada anak-anak didik untuk menegur secara baik-baik kalau ada konsumen yang merokok di lokasi gerai,"kata perempuan penyuka warna merah tersebut.

Sementara itu, menurut penuturan Prabowo kembali, selain bekerja sama dengan Perkumpulan Strada, BSBA dalam konteks bisnis juga menggandeng pihak perbankan seperti BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BCA. Tak hanya itu, pihak Sosro juga menjadi mitra untuk pasokan berbagai jenis minuman.

Josephus Primus Siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Strada Budi Luhur Kota Bekasi melayani konsumen di Laboratorium Kewirausahaan Bakso Sehat Bakso Atom (BSBA) di kompleks sekolah, Jalan Ir. H. Juanda 164, Bekasi pada Senin (26/8/2013).Gerai ini menjadi pelopor bagi empat gerai berikutnya di seluruh SMK kejuruan ekonomi Perkumpulan Strada.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X