PHE ONWJ-Nusantara Regas Berbagi Fasilitas

Kompas.com - 29/08/2013, 15:55 WIB
Jaringan pipa gas. Perusahaan Gas Negara (PGN)Jaringan pipa gas.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ), anak perusahaan Pertamina Hulu Energi, dan Nusantara Regas sepakat mengalirkan LNG kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Alokasi LNG itu digunakan untuk memasok pembangkit di Muara Karang dan Tanjung Priok, serta jalur pipa Muara Karang-Tanjung Priok.

Penandatanganan perjanjian dilakukan antara Direktur Utama PHE Ignatius Tenny Wibowo dan Direktur Utama Nusantara Regas Hendra Jaya.

“Ini salah satu upaya nyata efisiensi di industri hulu migas,” kata Deputi Pengendalian Dukungan Bisnis, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Lambok H. Hutauruk, pad aacara tersebut, Kamis (29/8/2013).

Berdasarkan estimasi yang ada, pemanfaatan bersama fasilitas ini akan menghasilkan potensi efisiensi. Di sisi hulu, terjadi pengurangan cost recovery karena ada biaya operasi dan perawatan yang dibebankan kepada Nusantara Regas.

Dari hilir, ada efisiensi biaya bahan bakar operasi PLN. Nusantara Regas mulai mengirimkan gas kepada PLN periode 24 Mei - 31 Desember 2012 sebanyak 12 kargo LNG atau setara dengan 32,4 juta BBTU.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X