Kompas.com - 30/08/2013, 14:38 WIB
|
EditorErlangga Djumena

BATAM, KOMPAS.com
- PT Lion Mentari Air (Lion Air) menunggu prototipe pesawat rakitan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk selanjutnya memesan sebanyak 50 unit.

"Kita baru bicara order N219, nanti setelah satu tahun prototipe jadi, juga sertifikasinya, baru produksi massal," ujar Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait saat menengok hanggar Lion Group di Batam, Kamis sore (29/8/2013).

Edward mengataka,n beberapa hari lalu dia baru saja melakukan pertemuan dengan pihak PTDI guna membahas MoU. Menurut dia, setelah prototipe jadi maka pihaknya akan melakukan evaluasi terlebih dahulu.

Edward memperkirakan, Lion Air baru bisa menggunakan N219 pada 2016. Pesawat itu nantinya akan melayani rute penerbangan jarak pendek. "Jadi bukan penerbangan perintis seperti yang diberitakan. Karena apa, dalam pengertian saya yang namanya perintis itu, penerbangan yang terjadi karena ada subsidi pemerintah," jelas Edward sekaligus mengklarifikasi berita soal penerbangan perintis.

Edward mencontohkan rute penerbangan pendek yang kemungkinan akan ditempuh N219, antara lain Labuhan Bajo-Ende, Tanjung Karang-Bengkulu, serta Padang-Mentawai.

Ia berharap, harga N219 PTDI bisa bersaing dari kompetitornya, yang menjual pesawat jenis serupa di kisaran 4 juta dollar AS-6 juta dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.