Rupiah Sedikit Menguat, Menkeu Tetap Waspada

Kompas.com - 30/08/2013, 17:54 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah dalam dua hari ini sudah mulai menguat. Namun, Menteri Keuangan Chatib Basri mengaku masih terus waspada terhadap kondisi pelemahan yang ada.

"Ya tetap waspada, hari ini kan hari kedua setelah rupiah membaik. Tentu tidak terlalu cepat kalau Anda bilang ini stabil," kata Chatib saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (30/8/2013).

Ia menilai paket kebijakan ekonomi yang selama ini dirilis memang sudah mulai ada dampaknya. Memang paket kebijakan ini tidak bisa langsung berimbas ke pasar dalam sehari semalam.

Hal itu lantaran defisit neraca transaksi berjalan yang selama ini menjadi penyebab rupiah melemah, tidak bisa diselesaikan hanya dalam sehari atau sepekan saja. Namun Chatib tetap mengingatkan semua pemangku kepentingan dan para investor tetap waspada terhadap kondisi pasar yang ada, baik global maupun regional.

"Saya kira gejolak di keuangan masih akan terjadi karena fluktuasinya masih cukup tajam. Yang penting adalah dikeluarkan paket kebijakan, lalu dijalankan," tambahnya.

Berdasarkan kurs Bloomberg, nilai tukar rupiah hari ini naik 249 poin (2,28 persen) ke level Rp 11.184 per dollar AS.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X