Kompas.com - 03/09/2013, 10:59 WIB
Ditjen Pajak KOMPAS/RIZA FATHONIDitjen Pajak
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) tetap menginginkan untuk menambah jumlah pegawainya. Hal ini akan menambah jumlah penerimaan pajak setiap tahunnya.

Kepala Seksi Hubungan Eksternal Ditjen Pajak Chandra Budi, mengatakan, rencana penambahan pegawai pajak terhadap meningkatnya realisasi penerimaan pajak ini dinilai efektif. Ditjen Pajak memang mengusulkan penambahan pegawai, terutama untuk posisi Pemeriksa Pajak dan Account Representative (AR).

"Kami telah melakukan analisa, kajian dan benchmarking yang komprehensif. Hasil analisa perbandingan antara jumlah pegawai pajak dengan jumlah penduduk suatu negara, menunjukkan bahwa Ditjen Pajak masih berpeluang untuk menambah jumlah pegawainya agar setidaknya mendekati rasio perbandingan di negara-negara lain," kata Chandra dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (3/9/2013).

Dalam kurun waktu empat tahun terakhir, hasil analisa menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara produktifitas pegawai, yang dicerminkan oleh jumlah anggaran yang dipergunakan, terhadap realisasi penerimaan pajak.

Pada tahun 2009, setiap Rp 1 miliar anggaran yang dikeluarkan akan menghasilkan penerimaan pajak sebesar Rp 102,7 miliar. Kemudian pada tahun 2010, setiap Rp 1 miliar anggaran berkontribusi terhadap Rp 123,1 miliar penerimaan pajak. Angka ini semakin meningkat setiap tahunnya, sehingga pada tahun 2012 lalu, dari Rp 1 miliar anggaran yang dipergunakan, maka menghasilkan lebih dari Rp 163 miliar penerimaan pajak.

"Demikian juga, ada kenaikan produktifitas pegawai yang cukup signifikan terhadap realisasi penerimaan pajak," tambahnya.

Pada tahun 2009, setiap pegawai Ditjen Pajak, rata-rata berkontribusi terhadap realisasi penerimaan pajak sebesar Rp 17,1 miliar. Kemudian, nilai ini semakin meningkat di tahun 2011, dimana setiap satu pegawai Ditjen Pajak setidaknya berkontribusi Rp 23,4 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk tahun 2012 lalu, kontribusi pegawai juga terus meningkat yaitu setiap pegawai Ditjen Pajak telah berkontribusi terhadap realisasi penerimaan pajak sebesar Rp 26,6 miliar.

"Berkaca dari hasil analisa tersebut, dapat disimpulkan bahwa apabila jumlah pegawai pajak ditambah dengan tetap mempertahankan produktifitas kinerja seperti saat ini, maka diperkirakan penerimaan pajak juga akan meningkat," jelasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.