Kepala LPS: Bank Mutiara Akan Dijual Dengan Harga Terbaik

Kompas.com - 03/09/2013, 17:44 WIB
Bank Mutiara images.kontan.co.id Bank Mutiara
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Mirza Adityaswara ditanya oleh Komisi XI DPR mengenai Bank Mutiara.

Mirza mengatakan Bank Mutiara akan dijual dengan harga terbaik. "Kami (LPS) harus divestasi dalam 5 tahun, dan jatuh tempo bulan November 2013. Di tahun keenam dibolehkan untuk menjual dengan harga terbaik. (Tahun) 2014 (Bank Mutiara) akan dijual dengan harga terbaik," kata Mirza di Ruang Rapat Komisi XI DPR, Jakarta, Selasa (3/9/2013).

Mirza mengatakan bulan November 2013 adalah periode terakhir bagi LPS untuk melepas Bank Mutiara seharga Rp 6,7 triliun. Mengacu pada UU LPS, pada tahun depan lembaga penjamin smpanan memungkinkan untuk melepas Bank Mutiara dengan harga terbaik.

"Harga terbaik itu bisa di atas atau di bawah Rp 6,7 triliun," jelasnya. Namun, Mirza menegaskan angka Rp 6,7 triliun tersebut tidak ada kaitannya dengan untung ataupun rugi, melainkan penyelamatan ekonomi.

Mirza menyebut sebelumnya terdapat dua calon investor yang memenuhi kualifikasi. Namun sayangnya, dua calon investor itu tak berhasil karena tidak mengajukan penawaran kembali. "Tahun ini kami (LPS) sudah tutup. Sebelumnya ada dua (calon investor), tapi mereka tidak menyampaikan penawaran," ungkapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X