Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Sejak 2009, Kurs Dollar BI Tembus Rp 11.000

Kompas.com - 04/09/2013, 15:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Langkah Bank Indonesia (BI) mengerek BI rate hingga angka 7 persen, ternyata, tak cukup ampuh menopang rupiah. Alih-alih semakin menguat, otot rupiah justru semakin loyo. Untuk pertama kalinya sejak April 2009, hari ini, kurs tengah dollar AS-rupiah menembus Rp 11.000.

Berdasarkan data di situs resmi BI, hari ini,kurs tengah dollar AS-rupiah berada di angka Rp 11.093. Terakhir kali, nilai dollar versi kurs tengah BI melewati angka Rp 11.000 adalah pada tanggal 13 April 2009. Kala itu, kurs beli dollar AS ada di angka Rp 11.181 sementara kurs jual Rp 11.069. Alhasil, kurs tengah dollar AS - rupiah berada di angka Rp 11.125.

Melihat angka kurs tengah bank sentral ini, tak mengherankan jika hari ini bank-bank memasang harga supermahal untuk dollar AS. Bahkan, ada bank yang sudah memasang harga jual dollar AS hingga Rp 12.000.

Rencana serangan Amerika ke Suriah menjadi biang keladi pelemahan rupiah kali ini. Obama sudah mengantongi dukungan pimpinan Foreign Relations Committee Senat AS, termasuk yang berasal dari Partai Republik, untuk "menjatuhkan hukuman" kepada rezim berkuasa Suriah.

Para pelaku pasar khawatir, jika benar-benar terjadi, serangan ke Suriah akan membuat harga minyak mentah terbang semakin tinggi. Jika ini terjadi, bisa dipastikan, lubang defisit neraca perdagangan, neraca berjalan, maupun anggaran Indonesia akan semakin menganga.

Di dalam negeri, kekhawatiran itu, membuat pasokan dollar semakin tipis. "Dollar kering bos, para eksportir memilih menahan (menyimpan) dollar yang mereka miliki," ujar seorang pelaku pasar yang enggan disebutkan namanya.

Data pemerintah terbaru menunjukkan, sepanjang Juli 2013, neraca dagang kita tekor US$ 2,3 miliar. Angka ini jauh di atas estimasi defisit dari para analis berdasarkan hasil survei Bloomberg yang cuma US$ 393 juta. Dan, harap dicatat, selama Juli lalu, impor minyak dan gas melonjak 50 persen.

Catatan saja, saat ini, harga minyak jenis Brent sudah mencapai kisaran US$ 115 per barel, sementara minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) berada di kisaran US$ 108 per barel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com