Kompas.com - 04/09/2013, 15:38 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan Global Competitiveness Report yang dirilis Forum Ekonomi Dunia (WEF), daya saing Indonesia naik hingga 12 tingkat ke posisi 38. Menteri Perekonomian Hatta Rajasa mengapresiasi hasil laporan tersebut. Hal ini berarti Indonesia sudah mulai dilirik asing terkait daya saingnya.

"Kita bersyukur daya saing kita meningkat. Kalau kita bicara daya saing, banyak faktor ada diukur. Artinya sumber daya manusia (SDM) meningkat. Ada juga tingkat governance-nya," kata Hatta saat ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu (4/9/2013).

Di sisi lain, pemerintah Indonesia juga sudah mulai membenahi soal perizinan terutama untuk investasi asing ke dalam negeri hingga kemudahan berinvestasi di domestik. Dari sisi reformasi birokrasi, pemerintah dianggap mampu meningkatkan pelayanan publik sehingga orang tidak bisa lagi menambah pegawai yang memberatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Ini akan bermuara pada peningkatan pelayanan publik. Begitu juga soal korupsi, betul masih ada, tapi kan ini relatif, ada tren (menurun)," jelasnya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.