Pemerintah Serahkan Sepenuhnya Minyak Mentah ke Pertamina

Kompas.com - 04/09/2013, 21:56 WIB
Menteri ESDM Jero Wacik KOMPAS/PRIYOMBODOMenteri ESDM Jero Wacik
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) setuju Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyerahkan sepenuhnya minyak mentah nasional kepada PT Pertamina Persero. Tujuannya agar hasil yang didapat SKK Migas diolah menjadi bahan bakar minyak (BBM) oleh Pertamina.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik mengatakan, selama yang direncanakan dianggap lebih baik, dirinya setuju dan akan mendorong kebijakan tersebut. Namun, dirinya menyarankan agar segala hal yang dibutuhkan untuk penyerapan minyak mentah tersebut harus siap terlebih dahulu.

"Kalau itu dianggap lebih baik, saya setuju. Disiapkan dahulu, jangan sampai disana tidak siap. Karena harus ada yang menunjuk penjualan bagian negara," ujar Jero Wacik Rabu (4/9/2013).

Menurut Jero, dimanapun minyak mentah itu diolah, tetap harus diawasi, karena tidak semuanya malaikat, dan yang paling penting adalah tidak ada niatan kami untuk menguasai minyak mentah tersebut.

Sebelumnya, SKK Migas menyatakan, untuk memaksimalkan penyerapan minyak mentah nasional, SKK Migas akan menyerahkan sepenuhnya minyak mentah bagian negara ke Pertamina.

SKK Migas sudah tidak ingin melakukan tender penjualan minyak mentah, pihaknya hanya ingin mencari dan menyediakan saja, sedangkan yang memanfaatkan adalah Pertamina. (Adiatmaputra Fajar Pratama)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X