Dahlan Minta PTPN XII Tingkatkan Ekspor Kopi ke AS

Kompas.com - 06/09/2013, 14:51 WIB
Kopi SHUTTERSTOCKKopi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menginginkan agar PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII bisa melakukan ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat. Hal ini akan meningkatkan posisi neraca perdagangan Indonesia, khususnya dari sisi ekspor kopi.

"Tadi malam saya lebih memfokuskan diri pada potensi perwakilan PTPN XII, apakah ekspor kopi Indonesia bisa kembali ditingkatkan," kata Dahlan dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (6/9/2013).

Tahun lalu, ekspor kopi Arabica Indonesia dari PTPN XII ke Amerika Serikat mencapai 378 ton. Sementara untuk negara lain seperti Jerman 377,1 ton, Belanda 288 ton, Italia 180 ton, Inggris 108 ton, Meksiko 36 ton, Australia 18 ton, Norwegia 16,5 ton. Sehingga totalnya mencapai 1.401,6 ton.

Sementara ekspor kopi robusta dari PTPN XII ke pasar Italia mencapai 774 ton, Jepang 90 ton, Belgia 72 ton, Belanda 42 ton, Jerman 36 ton, Inggris 36 ton. Sehingga totalnya mencapai 1.050 ton. "Saya meminta perwakilan di New York tidak hanya menangani kopi dari PTPN XII saja, tapi juga dari BUMN yang lain," ujar Dahlan yang saat ini masih berada di Amerika.

Sehingga, Minggu besok saat Dahlan tiba di tanah air, akan langsung mengumpulkan para Direktur Utama PTPN di Jakarta untuk membicarakan peningkatan ekspor hasil perkebunan. "Dengan menurunnya nilai rupiah sekarang ini, ekspor Indonesia harus lebih meningkat," tambahnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X