Investasi China ke Negara Lain Capai 87,8 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 09/09/2013, 17:03 WIB
Pemandangan di Kota Shanghai www.dezeen.comPemandangan di Kota Shanghai
EditorBambang Priyo Jatmiko

BEIJING, KOMPAS.com - China menjadi salah satu dari tiga negara yang paling banyak berinvestasi keluar negeri. Hingga akhir 2012, nilai investasi langsung China ke negara lain menyentuh rekor terbaru.

Dari data yang dirilis pemerintah China, Senin (9/9/2013), pertumbuhan investasi langsung asing dari negara tersebut ke luar negeri mencapai 17,6 persen pada akhir 2012 menjadi 87,8 miliar dollar AS.

Secara global, investasi langsung mengalami penurunan hingga 17 persen. Akan tetapi, kondisi yang berkebalikan justru dicatat oleh China.

Hingga saat ini, Pemerintah China terus mendorong perusahaan negara tersebut untuk “go international” guna memanfaatkan momentum memperbesar pangsa pasar global.

Pada Mei 2012 perusahaan listrik tenaga air, China Three Gorges, mengakuisisi 21,35 persen saham perusahaan listrik Portugal Energias de Portugal senilai 3,56 miliar dollar AS. Sementara itu pada November, perusahaan investasi, China Investment Corp (CIC) mengakuisisi 10 persen saham operator bandara Heathrow sebesar 704 juta dollar AS.

Pada 2007, CIC membantu Pemerintah China memperkuat cadangan devisa hingga 200 miliar dollar AS, dan saat ini telah mencapai 3,5 triliun, sehingga total aset perseroan mencapai 575,2 miliar dollar AS pada akhir 2012.

Pemerintah China berencana untuk menaikkan investasi langsung ke luar negeri dengan rata-rata pertumbuhan 17 persen pada 2015, dengan target 150 miliar dollar AS.



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X