Hatta: Pengusaha Batu Bara Jangan Pikirkan Diri Sendiri

Kompas.com - 12/09/2013, 13:45 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Perekonomian RI Hatta Rajasa menegaskan agar pengusaha menerima rencana pemerintah untuk menaikkan royalti atas batu bara.

"Royalti itu ada hal-hal yang digunakan untuk reklamasi. (Royalti digunakan untuk) memperbaiki lingkungan. Kita jangan melihatnya memberatkan pengusaha, tapi memberikan kebaikan pada masyarakat," kata Hatta, Kamis (12/9/2013).

Hatta mengungkapkan, tujuan kebijakan kenaikan royalti batu bara itu adalah untuk tingkatkan kualitas pemeliharaan lingkungan. Adapun royalti batu bara untuk pemegang izin usaha pertambangan rencananya akan dinaikkan oleh pemerintah menjadi antara 10 dan 13,5 persen dari harga jual.

Royalti itu akan berlaku mulai bulan Januari 2014. "Royalti sejauh ini sedang dibahas (Kementerian) ESDM. Itu harus dikaji terus. Bisa saja tidak sampai 13,5 persen untuk IUP," kata Hatta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.