Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penjelasan BI soal BI Rate 7,25 Persen

Kompas.com - 12/09/2013, 19:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada hari ini memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan atau BI Rate sebesar 25 basis poin menjadi 7,25 persen.

Selain BI Rate, kenaikan sebesar 25 basis poin juga diberlakukan terhadap suku bunga pinjaman dan simpanan, masing-masing menjadi 7,25 persen dan 5,50 persen.

"Kenaikan suku bunga tersebut merupakan langkah-langkah lanjutan dari penguatan bauran kebijakan BI yang difokuskan untuk pengendalian inflasi, stabilitas nilai tukar rupiah, serta memastikan berlangsungnya penyesuaian defisit transaksi berjalan pada tingkat yang sustainable," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Difi A Johansyah di Jakarta, Kamis (12/9/2013).

Langkah-langkah stabilisasi nilai tukar rupiah, lanjut Difi, sejalan dengan kondisi fundamental yang terus dilakukan serta didukung upaya penguatan operasi moneter dan pendalaman pasar valas.

"BI juga terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan FKSSK untuk menjaga stabilitas makro-ekonomi dan sistem keuangan nasional, khususnya dalam pengendalian inflasi, stabilitas pasar keuangan, dan penurunan defisit transaksi berjalan dan kesehatan neraca pembayaran," ujar Difi.

BI memandang kebijakan-kebijakan itu dan berbagai kebijakan yang telah ditempuh sebelumnya akan mempercepat penyesuaian defisit transaksi berjalan dan mengendalikan inflasi menuju 4,5 plus minus 1 persen pada 2014 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com