Indofood CBP Rampungkan Akuisisi Produsen Pepsi Indonesia

Kompas.com - 12/09/2013, 20:36 WIB
Pepsi BloombergPepsi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha patungan PT Indofood CBP Sukses Makmur-Asahi Group Holdings South East Asia, PT Asahi Indofood Beverage Makmur (AIBM) dan PT Indofood Asahi Sukses Beverage (IASB) telah merampungkan akuisisi atas keseluruhan saham PT Pepsi-Cola Indobeverages.

Seiring dengan rampungnya akuisisi itu, nama PT Pepsi-Cola Indobeverages (PCIB) berubah menjadi PT Prima Cahaya Indobeverages. Dalam akuisisi itu, AIBM dan PCIB mengambil alih sebanyak 264,11 juta saham dan 15.000 saham senilai 30 juta dollar AS. Dana bersumber dari kas internal.

Pepsi-Cola Indobeverages merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi, pemasaran dan distribusi atas produk minuman non-alkohol merek-merek PepsiCo, antara lain Pepsi, 7Up dan Tropicana Twister di Indonesia. DIsamping itu, PCIB juga menangani produksi, pemasaran dan distribusi produk sendiri seperti Fruitamin dan Tekita.

Sebelumnya pada 27 Juni perseroan menyatakan langkah itu dilakukan dalam rangka konsolidasi bisnis.

Adapun PCIB merupakan perusahaan patungan antara PT Gapura Usahatama (perusahaan yang juga masih terafiliasi dengan Grup Salim) dengan Seven-Up Nederland BV yang merupakan perusahaan aviliasi PepsiCo.

Hingga akhir 2012, penjualan bersih PCIB mencapai Rp 714,4 miliar, atau turun tipis dari akhir 2011 sebesar Rp 714,8 miliar. Sementara itu pada akhir 2010, penjualan perusahaan ini sebesar Rp 665,8 miliar.

Perseroan menyatakan akan tetap memproduksi dan memasarkan produk PepsiCo selama dalam proses akuisisi dan setelahnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X